Gangguan dan Kelainan pada Manusia

KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum. Wr. Wb
Segala puji bagi Allah, hanya kepada-Nya kita memuji, memohon pertolongan dan meminta ampunan. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan nafsu dan keburukan amal perbuatan kita. Barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah, maka tiada seorang pun yang dapat menyesatkannnya. Sebaliknya, barang siapa yang disesatkan-Nya, maka tiada seorang pun yang dapat memberinya petunjuk.
Alhamdulillah kami dapat menyelesaikan Makalah yang berjudul “Gangguan / Kelainan Pada Manusia” sebagai analisis untuk melihat macam-macam kelainan / penyakit yang terjadi pada manusia.
Didalam makalah ini, kami akan membahas tentang Kelainan/Penyakit pada manusia dilihat dari beberapa macam kelainan/penyakit yang terjadi pada tulang, otot, maupun melalui darah.
Kami hanya dapat berdoa, kiranya apa yang kami tulis disini bermanfaat bagi kita semua. Ucapan terima kasih kepada guru Biologi kami yaitu “Ibu Fitri” yang telah mendukung dan membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini. kami sadar bahwa apa yang kami tulis masih sangat jauh dari kesempurnaan. Untuk itu, kritikan dan saran yang sifatnya membangun dari para pembaca sangat kami harapkan.
Akhir kata, mohon maaf apabila terdapat banyak kesalahan dalam makalah ini. Dan hanya kepada Allah swt kita berlindung dan memohon ampun.
Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.

Banyuwangi, Desember 2011


            Tim Penulis
DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.............................................................................................................   i
DAFTAR ISI..........................................................................................................................   ii
BAB 1        PENDAHULUAN................................................................................................   1
B.      Rumusan Masalah.....................................................................................   1
C.      Tujuan.........................................................................................................   1
BAB 2        PEMBAHASAN..................................................................................................   2
1.      Gangguan dan Kelainan Pada Manusia.............................................   2
2.      Gangguan dan Kelainan Pada Rangka Tubuh...................................   2
3.      Gangguan dan Kelainan Pada Otot....................................................   5
4.      Gangguan dan Kelainan Pada Sistem Peredaran Darah..................   6
BAB 3        PENUTUP..........................................................................................................   10
                  A.  Kesimpulan.................................................................................................   10
B.      Saran...........................................................................................................   10
DAFTAR PUSTAKA..............................................................................................................   11

BAB I
PENDAHULUAN
A.                 LATAR BELAKANG
Sering kita lihat di sekeliling kita banyak manusia yang terdapat beberapa masalah atau gangguan kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor dari makanan yang sering dikonsumsi, faktor keturunan, atau pun kelainan sejak lahir.
Gangguan-gangguan dan kelainan pada manusia menyerang dari bagian tubuh manusia itu sendiri, misalnya pada rangka tubuh, pada otot dan pada sistem peredaran darah.
Oleh karena itu, agar tidak terjadi gangguan atau kelainan diperlukan adanya pencegahan sebelum gangguan itu menyerang tubuh, atau pun pengobatan untuk menyembuhkan dan menghilangkan gangguan itu dari tubuh supaya tidak menurun ke generasi selanjutnya.
B.                 RUMUSAN MASALAH
1.      Gangguan dan kelainan pada manusia dapat menyerang melalui apa saja?
2.      Apa saja jenis-jenis gangguan dan kelainan pada rangka tubuh?
3.      Apa saja jenis-jenis gangguan dan kelainan pada otot?
4.      Apa saja jenis-jenis gangguan dan kelainan pada sistem peredaran darah?
C.                 TUJUAN
Adapu tujuan dari pembuatan makalah ini, yaitu:
1.      Meningkatkan pengetahuan para siswa tentang biologi, khususnya dalam memahami jenis-jenis gangguan atau kelainan pada manusia.
2.      Memberikan informasi kepada para siswa tentang gangguan atau kelainan pada manusia sebagaimana yang dipelajarkan disekolah.

BAB II
PEMBAHASAN
1.     Gangguan dan Kelainan Pada Manusia
Pada manusia terdapat beberapa masalah atau gangguan kesehatan. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya faktor dari makanan yang sering dikonsumsi, faktor keturunan, atau pun kelainan sejak lahir.
Gangguan-gangguan dan kelainan pada manusia menyerang dari bagian tubuh manusia itu sendiri, misalnya pada rangka tubuh, pada otot dan pada sistem peredaran darah.

2. Gangguan dan Kelainan pada Rangka Tubuh
Sering kali kita temui adanya kelainan–kelainan dan gangguan pada rangka tubuh.                Gangguan dan kelainan itu disebabkan oleh beberapa faktor,misalnya karena kelainan yang dibawa sejak lahir,infeksi penyakit ,karena makanan,atau posisi tubuh yang salah.
a.      Kelainan Sejak Lahir
Kelainan sejak lahir artinya kelainan yang di bawa sejak dalam kandungan. ketika di lahirkan,orang tersebut telah mengalami kelainan tulang.penyebabnya mungkin karena si ibu terjatuh,atau makananya kurang vitamin D dan zat kapur,atau karena factor keturunan (genetik).  Bentuk kelainan itu misalnya ketika dilahirkan anak tersebut kakinya berbentuk X atau O , atau sejajar.
b.      Infeksi
Infeksi penyakit dapat mengakibatkan gangguan pada tulang.Gangguan tulang akibat infeksi antara lain:
·         Artritis  eksudatif, rasa nyeri pada tulang jika digerakan akibat peradangan pada selaput sendi.
·         Artritis sika, rasa nyeri pada tulang sewaktu di gerakan akibat kekurangan cairan sinovial(pelumas sendi).
·         Rasa sakit sendi pada lutut dan pangkal paha berupa infeksi yang meghasilkan nanah akibat serangan penyakit kelamin gonorea dan sifilis.
·         Sendi terasa kaku akibat infeksi yang kronis oleh beberapa penyakit.
c.       Kerusakan dan Kelainan pada persendian tulang
Kelainan tulang pada sistem persendian antara lain:
·         Selaput tulang rusuk ,sobek, atau memar
·         Lepasnya ujung tulang dari  bonggol sendi (urai sendi)
·         Patah tulang (fraktura), baik yang patah tulang terbuka (tulang mencuat keluar) maupun patah tulang tertutup (tulang tidak mencuat keluar)
·         Retak tulang atau fisura
d.      Nekrosis
Nekrosis adalah matinya sel-sel tulang. Di bagian luar tulang terdapat selaput tulang (periosteum) yang berfungsi dalam pertumbuhan tulang, terutama untuk mensuplai makanan dan menyambungkan tulang yang patah atau retak. Jika periosteum rusak, maka suplai makanan akan terhenti dan sel sel akan mati.
e.      Difisiensi
Kekurangan vitamin D dan juga kalsium (zat kapur) dapat mengakibatkan gangguan proses  penulangan  sehingga tulang menjadi bengkok dan keropos. Minum susu yang cukup baik bagi kesehatan tulang karena susu banyak mengandung zat kapur yang dibutuhkan tulang.
f.        Kebiasaan Posisi Tubuh yang Salah
Kelainan tulang juga bias di sebabkan oleh kebiasaan posisi tubuh atau posisi duduk yang kurang tepat pada waktu yang lama sewaktu masa pertumbuhan anak. Tipenya meliputi:
·         Lordosis, tulang belakang melengkung ke depan
·         Kifosis, tulang belakang melengkung ke belakang
·         Skoliosis, tulang belakang melengkung ke samping.

g.      Layuh Semu
Layuh semu disebabkan oleh rusakya cakra epifisis akibat infeksi sifilis pada anak sejak dalam kandungan.cakra epifisis adalah daerah pertumbahan (tempat memajang) pada tulang panjang.Akibat rusaknya cakra epifisis menyebabkan tulang tidak bertenaga atau layuh.
h.      Osteoporosis
      Osteoporosis adalah suatu keadaan dimana kemampuan mulai berkurang dan disertai kerusakan struktur sehingga tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Osteoporosis dialami oleh pria atau wanita di usia tua.hal ini disebabkan oleh gangguan metabolisme tulang, yaitu jika sel penghancur tulang melebihi kerja sel pembentuk tulang.Lama kelamaan, tulang menjadi keropos.Gangguan ini dapat terjadi secara fisiologis karena proses penuaan yang disrtai menurunya hormone, kurang asupan kalsium, dan vitamin D.
i.        Kanker Tulang
Kanker tulang adalah terjadinya pertumbuhan jaringan abnormal pada tulang . ada dua jenis kanker tulang, yaitu  tulang primer dan sekunder.Pda kanker tulang primer,sel yang menjadu kanker berasal dari sel tulang.Ada berbagai jenis kanker tulang primer,misalnya multiple myeloma dan osteoosarkoma.Pengobatanya dengan pembedahan atau kemotrapi (pemberian obat). Pada kanker tulang sekunder, sel kanker berasal atau menyebar dari sumber lain atau bukan dari sel tulang.
j.        Osteomalacia
Penyakit ini mengakibatkan tulang menjadi lunglai diakibatkan kekurangan
vitamin D atau kesalahan metabolisme di dalam tubuh. Sama halnya dengan osteoporosis, osteomalacia juga berpotensi membuat tulang cepat patah.


k.      Rickets
Rickets sering dialami oleh anak-anak yang sedang tumbuh. Formasi tulang pada penderita rickets abnormal, yaitu terjadi penumpukan kalsium di dalam tulang karena terlalu banyak mengonsumsi susu berkalsium atau akibat radiasi sinar matahari.
l.        Osteomyelitis
Infeksi ini menyerang tulang dan diakibatkan oleh bacterimia, atau sepsis, yang menyebar dan mengurangi kekuatan tulang.

3. GANGGUAN DAN KELAINAN PADA OTOT
Gangguan pada otot dapat di sebabkan oleh banyak hal, baik faktor luar maupun faktor dalam. Faktor luar misalnya kecelakaan dan serangan penyakit. Faktor dalam meliputi faktor bawaan dan kesalahan gerak atau akibat dari otot yang tidak pernah dilatih.
a.      Gangguan karena serangan penyakit
Otot dapat terganggu akibat adanya bakteri dan virus. Contohnya adalah sebagai berikut.
·         Tetanus, otot yang tegang terus menerus yang di sebabkan oleh racun bakteri Clostridium tetani.
·         Atrofi otot, mengecilnya otot akibat serangan virus polio
b.      Gangguan karena kesalahan aktivitas
Kelebihan atau kekurangan melakukan aktivitas dapat menyebabkan gangguan otot. Posisi dan gerak tubuh yang salah juga dapat menyebabkan gangguan otot. Contohnya adalah sebagai berikut.
·         Kaku leher (stiff), terjadi karena hentakan yang menyebabkan otot trapesius meradang.
·         Kram, terjadi karena aktivitas otot yang terus menerus sehingga otot menjadi kejang.
·         Atrofi, mengecilnya otot yang terus menerus sehingga otot menjadi kejang. Lumpuh atau penyakit tertentu.
c.       Gangguan otot bawaan
Gangguan otot bawaan ialah contohn ya hernia abdominal, yaitu sobeknya dinding otot perut sehingga usus melorot ke bawah.


d.   Kelelahan Otot
Kelelahan otot adalah suatu keadaan di mana otot tidak mampu lagi melakukan kontraksi sehingga mengakibatkan terjadinya kram otot atau kejang-kejang otot.
e.   Astrofi Otot
Astrofi otot adalah penurunan fungsi otot akibat dari otot yang menjadi kecil dan kehilangan fungsi kontraksi. Biasanya disebabkan oleh penyakit poliomielitis.
f.    Distrofi Otot
Distrofi otot adalah suatu kelainan otot yang biasanya terjadi pada anak-anak karena adanya penyakit kronis atau cacat bawaan sejak lahir.
h.   Kaku Leher / Leher Kaku / Stiff
Kaku leher adalah suatu kelainan yang terjadi karena otot yang radang / peradangan otot trapesius leher karena salah gerakan atau adanya hentakan pada leher serta menyebabkan rasa nyeri dan kaku pada leher seseorang.
i.    Hipotrofit Otot
Hipotrofit otot adalah suatu jenis kelainan pada otot yang menyebabkan otot menjadi lebih besar dan tampak kuat disebabkan karena aktivitas otot yang berlebihan yang umumnya karena kerja dan olahraga berlebih
j.    Hernis Abdominal
Hernis abdominal adalah kelainan pada dinding otot perut yang mengakibatkan penyakit hernia atau turun berok, yaitu penurunan usus yang masuk ke dalam rongga perut.

4. GANGGUAN DAN KELAINAN PADA SISTEM PEREDARAN DARAH
Sistem peredaran darah kita dapat mengalami ganggguan, baik pada darah maupun pada alat-alat peredarannya. Gangguan itu seperti:
1.      Anemia
Anemia adalah penyakit kekurangan hemoglobin di dalam darah. Penyebabnya dapat bermacam- macam seperti kurangnya kandungan hemoglobin dalam eritrosit, kurangnya jumlah eritrositdalam darah dan krangnya volume darah dari volume normal. Kekurangan hemoglobin ini menyebabkan kemampuan darah mengikat oksigen menjadi rendah. Anemia dapat terjadi jika tubuh seseorang terluka dan mengeluarkan banyak darah. Kekurangan darah ini dapat di atasi dengan transfusi darah. Ada jenis anemia yang bersifat genetis dan mematikan yaitu talesemia dan anemia sel sabit. Talesemia disebabkan kegagalan pembentukan hemoglobin akibat kersakan gen globin. Anemia sel sabit disebabkan adanya eritrosit yang berbentuk bulan sabit.



























































2. Leukimia
Leukimia sering disebut juga kanker darah. sebenarnya leukimia merupakan kanker pada sumsum tulang yang menghasilkan leukosit. leukosit membelah tidak terkendali hingga jumlahnya meningkat pesat, kemudian memakan eritrosit, sehingga menimbulkan anemia berat. pada penderita leukimia leukosit bisa mencapai 200 ribu per mm kubik darah (sangat jauh dari keadaan normal).
3. Hemofilia
Hemophilia adalah penyakit darah sulit membeku. Luka yang sedikit saja menyebabkan darah akan mengucur terus sehingga penderita dapat mengalami kekurangan darah, bahkan dapat menyebabkan kematian. Penyakit ini bersifat menurun, diwariskan dari orang tua kepada keturunannya. Kaum pria kemungkinan mendapat warisan penyakit ini karena gen hemophilia menampakkan pengaruhnya pada laki-laki. Sebaliknya, hemophilia pada perempuan bersifat mematikan sehingga seorang anak peremuan penderita akan mati sebelum dewasa. Karena menurun, penyakit ini tidak dapat disembuhkan. Untuk mencegahnya, hindari perkawinan yang memiliki hubungan kekerabatan dekat.
4. Hipertensi
Biasanya, semakin tinggi usia seseorang semakin tinggi pula tekanna darahnya. Akan tetapi, pada penderita hipertensi, tekanan darah tersebut berada diatas normal. Hipertensi artinya tekanan darah diatas tekanan darah normal. Untuk orang yang berumur 60 tahun, tekanan darahnya tidak boleh melebihi 160/90 mmHg. Jika lebih dari angka tersebut, berarti ia mengidap hipertensi. Tekanan diastolic yang melebihi 130 mmHg menunjukkan adanya hipertensi yang serius.
Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah atau arteri di otak tersumbat. Akibatnya penderita akan meninggal dunia karena terkena stroke. Atau, penderita mengalami kerusakan otak. Jika otak bagian kiri yang mengalami kerusakan, penderita akan mengalami kelumpuhan di tubuh sebelah kanan. Sebaliknya, jika otak bagian otak kanan yang mengalami kerusakan, penderita akan mengalami kelumpuhan ditubuh sebeleh kiri. Komplikasi lain yang timbul akibat tekanan darah tinggi adalah kerusakan ginjal dan gagal jantung. Hingga kini, sebagian besar penyakit tekanan darah tinggi belum diketahui penyebabnya dan sulit diketahui secara dini.
5. Talasemia
Talasemia adalah penyakit kelainan darah yang menurun yang ditandai dengan adanya eritrosit tak normal. hal ini disebabkan kegagalan gen dalam memproduksi protein penyusun hemoglobin secara lengkap, sehingga hemoglobin tak sempurna, akibatnya transportasi darah keseluruh tubuh terganggu. penyakit ini dapat diatasi melalui transfusi darah secara berkala kurang lebih setiap bulan sekali.
6. Leukopenia dan leukositosis
Leukopenia adalah keadaan jumlah leukosit kurang dari normal, hal ini terjadi karena penderita terserang penyakit AIDS. sebaliknya leukositosis adalah keadaan jumlah leukositosis yang melebehi dari jumlah normal, keadaan ini disebabkan karena infeksi bakteri, akibat upaya untuk mempertahankan daya tahan tubuh.
7. Eusinofilia
Eusonofilia adalah keadaan eusonofil yang sangat tinggi di dalam darah. ini bukan merupakan suatu penyakit tapi merupakan respon dari adanya suatu penyakit. peningkatan jumlah eusonofil ini biasanya menunjukkan respons terhadap sel - sel abnormal, parasit atau bahan - bahan penyebab reaksi alergi.

8. Trombositopenia
Trombositopenia adalah kelainan akibat kekurangan trombosit, yang merupakan bagian dari pembekuan darah. darah biaasanya mengandung sekitar 150.000 - 350.000 trombosit / mL. jika jumlah trombosit kurang dari 30.000 / mL dapat terjadi pembelahan abnormal. gangguan baru timbul jika jumlah trombosit kurang 10.000 / mL.
9. Arteriosklerosis atau aterosklerosisis
Jantung mendapatkan makanan dan oksigen dari arteri yang menuju jantung. Arteri yang disebut arteri koronaria berasal dari aorta yang menuju jantung. Seperti halnya arteri yang lain, arteri koronaria jug dapat menyempit karena pengerasan akibat pengendapan kolestrol. Pergeseran arteri tersebut dinamakan aterosklerosis. Selain itu, areri jugdapat mengalami penyumbatan oleh darah yang membeku. Darah yang membeku disebut trombus. Jika tersumabat arteri, berarti otot jantung kekurangan makanan dan oksigen, sehingga sebagian otot jantung mati. Keadaan demikian ini disebabkan infark jantung (infark miokard). Serangan jantung demikian sering terjadi, disertai rasa sakit yang hebat pada dada kiri dan terjadi kegagalan peredaran darah.
10. Stroke
Stroke terjadi jika suplai darah ke otak berhenti. Stroke dapat diakibatkan oleh salah satu atau beberapa factor, antar lain:
a.      Aterosklerosis pada pembulh darah leher atau kepala, sehingga menghentikan aliran darah ke otak
b.      Terbentuknya thrombus pada aterosklerosis, sehingga menyumbat aliran darah menuju otak
c.       Embolus menyumbat pembuluh arteri di otak
d.      Pembuluh darah otak pecah, karena tekanan darah yang tinggi
e.      Adanya tumor di otak yang menyumbat aliran darah menuju otak
11. Varises
Varises adalah pelebaran pembuluh darah vena. Pelebaran darah ini disebabkan menurunnya fungi katup pada vena. Dalam keadaan normal katup pada pembuluh vena akan membuka untuk mengalirkan darah kembali ke jantung, dan menutup kembali setelah darah melewatinya. Akan tetapi, jika tonus otot di sekitar pembuluh vena lemah, maka aliran darah terhenti dan darah cenderung berkumpul di dasar vena. Selanjutnya akan timbul endapan pada pembuluh vena yang menyebabkan tonjolan besar dan berkelok-kelok berwarna kebiruan. Inilah yang disebut  varises. Varises banyak di alami oleh wanita hamil dan orang yang terlalu lama berdiri atau banyak jongkok.
12. Hipertensi
Biasanya semakin tinggi usia seseorang, semakin tinggi pula tekanan darahnya. Akan tetapi, pada penderita hipertensi, tekanan darah tersebut berada di atas normal. Hipertensi artinya tekanan darah di atas tekanan darah normal. Untuk orang yang berumur 60 tahun, tekanan darahnya tidak boleh melebihi 160/90 mmHg. Jika lebih dari angka tersebut, berarti ia mengidap hipertensi. Tekanan diastolic yang melebihi 130 mmHg menunjukkan adanya hipertensi yang serius.
Tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pembuluh darah pecah atau arteri di otak tersumbat. Akibatnya, penderita akan meninggal dunia karena terkena stroke. Atau penderita mengalami kerusakan otak. Jika otak bagian kiri yang mengalami kerusakan, penderita akan mengalami kelumpuha tubuh sebelah kanan atau sebaliknya. Komplikasi lain yang timbul akibat tekanan darah tinggi adalah kerusakan ginjal dan gagal jantung. Hingga kini, sebagian besar penyakit tekanan darah tinggi belum diketahui penyebabnya dan sulit diketahui secara dini.
13. Wasir
Wasir atau ambeien atau hemoroid ialah membesarnya vena yang berada di sekitar lubang pelepasan (anus). Penyebabnya adalah aliran darah yang tidak lancar misalnya karena terlalu banyak duduk, kurang gerak, atau karena terlalu kuat mengejan.
14. AIDS dan Defisiensi Sistem Imun
AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) merupakan penyakit yang menyebabkan seseorang tidak memiliki system imun. System imun atau system kekebalan tubuh adalah suatu system untuk memproteksi tubuh terhadap serangan penyakit (antigen). Manusia memiliki system kekebalan karena didalam tubuh manusia terdapat sel-sel monosit yang memiliki kemampuan memfagosit kuman, serta limfosit B (sel B) dan limfosit T (sel T) yang memiliki kemampuan menghasilkan antibody.
Antibody bekerja dengan cara mengikat antigen sehingga antigen tidak dapat menyerang sel-sel lain. AIDS disebabkan oleh infeksi HIV (Human Immunodeficiency Syndrome). HIV mampu menyerang limfosit T (sel T) sehingga seseorang yang terserang oleh  virus tesebut tidak memiliki kekebalan. Akibatnya, orang tersebut rentan terhadap serangan penyakit yang lain. Tubuh tanpa system kekebalan bagaikan sebuah Negara yang tidak memiliki tentara, sehingga mudah dihancurkan oleh musuh.



BAB II
PENUTUP
A.                KESIMPULAN
Gangguan tulang itu disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena kelainan yang dibawa sejak lahir,infeksi penyakit, karena makanan, atau posisi tubuh yang salah. Gangguan otot meliputi: Faktor luar misalnya kecelakaan dan serangan penyakit, faktor dalam meliputi faktor bawaan dan kesalahan gerak atau akibat dari otot yang tidak pernah dilatih. Adapun karena serangan penyakit yaitu tetanus dan autrofi otot. Gangguan karena kesalahan aktifitas yaitu kram dan autrofi dan gangguan otot bawaan ialah contohnya hernia abdominal, yaitu sobeknya dinding otot perut sehingga usus melorot ke bawah. Sistem peredaran darah kita dapat mengalami ganggguan, baik pada darah maupun pada alat-alat peredarannya. Gangguan itu seperti: Anemia, Leukimia, Hemofilia, Hipertensi, Arteriosklerosis atau aterosklerosisis, Talasemia, Leukopenia dan leukositosis, Eusinofilia dan Trombositopenia.
B.                SARAN
a.      Berbagai gangguan dapat kita alami seperti gangguan otot, kram. Kram juga berbahaya jika dibiarkan, maka dari itu, kita harus cepat dalam menangani gangguan tersebut sebelum berbahaya dan bisa bertambah parah, sebaiknya dilakukan pertolongan pertama.
b.      Sebaiknya jika terjadi gangguan berkepanjangan, segera periksa ke dokter khusus atau dokter spesalis sesuai gangguan yang diderita. Jangan terlau gegabah minum obat, karena bisa saja obat itu tidak cocok.
c.       Kelainan bisa saja dioperasi, namun belum tentu sembuh total, Karena itu, sebaiknya kita gunakan pengobatan yang sewajarnya, jangan berlebihan, karena bisa saja itu tidak cocok dengan tubuh pasien.


DAFTAR PUSTAKA

Buku Biologi Kelas XI. 2011

Komentar

  1. ramuan tradisional untuk obat asam urat adalah obat yang banyak dicari oleh wanita, dan pria yang berumur di atas 30 tahun, karena banyak yang terkena penyakit asam urat. bahkan sekarang di bawah umur 30 tahun sudah terkena asam urat akut. jika penyakit sudah parah akan mengakibatkan persendian tidak bisa bergerak. tetapi anda tidak usah khawatir, karena sekarang sudah muncul obat untuk asam urat herbal tradisional berkhasiat tinggi. obat asam urat yang alami ampuh dari dulu tradisional ini adalah salah satu obat herbal asam urat dan kolesterol menahun tradisional berkhasiat tinggi, dan obat asam urat herbal tradisional terbaik alami ampuh dari dulu. tidak hanya bisa dijadikan untuk obat asam urat dan testimoni penderita asam urat, tetapi bisa juga mengobati kolesterol tinggi.
    jika anda mencari obat untuk mengobati asam urat dan kolesterol tinggi, disini tempatnya menjual cari obat untuk mengobati asam urat paling ampuh. sedikit bahasan tentang jual herbal obat untuk penyakit asam urat, obat untuk mengobati asam urat tanpa zat kimia ini adalah obat untuk penyakit asam urat terbaik tanpa zat kimia. jika anda sudah bosan dengan obat kimia, jangan khawatir karena ini adalah obat tradisional untuk penyakit asam urat akut tanpa zat kimia. produk kami menjual obat asam urat kualitas terjamin terbaik. banyak yang sudah menggunakan info tentang obat untuk penyakit asam urat dan memberikan testimoni yang positif.

    BalasHapus
  2. This is true bernar page tremendous amount of information obtained is delighted to be bet to play in the yard of your incredible I found your page on google
    Obat Jantung Koroner
    Cara Mengobati Usus buntu
    Obat Tipes
    Obat Stroke
    Obat Ambeien
    Obat Gondok

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas informasinya gan, semoga bermanfaat untuk kita semua. jangan lupa untuk update terus ya gan !!!
    Salam Kenal dari kami :
    Link Kami Semoga Bermanfaat Untuk Informasi Seputar Kesehatan.
    http://www.grosir.jellygamatqncasli.com
    http://www.pusat.jellygamatqncasli.com
    http://www.jual.jellygamatqncasli.com
    http://www.agenresmi.jellygamatqncasli.com
    http://www.carajadiagen.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatherbal.jellygamatqncasli.com
    http://www.distributor.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatasma.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatasamurat.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatkankerserviks.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatkistaovarium.jellygamatqncasli.com
    http://www.obathepatitisa.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatnyerisendi.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatmaagkronis.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatasamlambung.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatguladarahtinggi.jellygamatqncasli.com
    http://www.obatbatuginjal.jellygamatqncasli.com

    Kami Tunggu Informasi Selanjutnya gan....

    BalasHapus
  4. inilah cara herbal untuk membantu proses penyembuhan keluhan penyakit fatty liver , bisa anda simak
    di obat herbal fatty liver. kini hadir obat lipoma tradisional yang hadir dari bahan herbal yang lebih komplit. Produk Green World yang di jadikan sebagai pengobatan herbal ginjal bocor

    BalasHapus
  5. Informasi yang di berikan sangat menarik dan bermanfaat , gaya bahasa yang di gunakan gampang untuk di mengerti , terimakasih untuk informasi nya .

    Obat Tradisional Infeksi Usus Dan Lambung
    Obat Sakit Pangkal Paha Sebelah Kiri Yang Manjur
    Cara Mengobati Radang Selaput Otak (Meningitis) Manjur

    BalasHapus
  6. Terimakasih untuk informasi nya , informasi yang di berikan sangat menarik dan mudah untuk di pahami , di tunggu untuk informasi selanjut nya !!

    Obat Asam Lambung Tinggi Alami

    BalasHapus
  7. The information is very useful, continue to update well, let me get back to your life again this

    Obat Polip Hidung Tradisional
    Obat Tradisional Untuk Penyakit Varikokel
    Obat Tradisional Untuk Radang Prostat

    BalasHapus
  8. http://nikenadipuspita.blogspot.co.id/2012/06/asuhan-keperawatan-pada-pasien-dengan.html
    http://geekcalendar.co.uk/2010/06/first-shoot.html
    http://www.pocketfulofbooks.com/2012/09/recommend-abook-you-read-on-vacation.html
    http://helmisyafrizal.blogspot.co.id/2015/02/geng-motor-satudarah-yang-mendunia.html
    http://1nspirationforyou.blogspot.co.id/2013/08/gangguan-dan-kelainan-pada-manusia.html
    http://mp3-hotcollection.blogspot.co.id/2012/12/suara-persaudaraan-perjalanan-zaman.html

    BalasHapus
  9. Halaman yang sangat luar biasa karena informasi yang disampaikan sangat bermanfaat dan mendidik sehingga sayang untuk di lewatkan.
    Kanker serviks
    Keputihan

    BalasHapus
  10. Congratulations reactivities ,, highly awaited new information from this site
    Good luck !!

    efek keputihan pada wanita
    makanan untuk penderita pengapuran tulang
    gejala awal hepatitis

    BalasHapus
  11. Thanks , I really like your website. because you make articles to help maintain health

    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/

    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  12. your information is very helpful.
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/

    BalasHapus
  13. Informasi ini sangat membantu sekali gan

    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-stroke-paling-fenomenal/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-gagal-ginjal-tanpa-cuci-darah/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-hepatitis-akut/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-kanker-prostat-yang-ampuh/
    http://obatasamuratagaricpro.com/obat-jantung-koroner-ampuh/

    BalasHapus
  14. Informasi yang anda berikan sangat lah kumplit gan

    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-prostat-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-hernia-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/pengobatan-jantung-koroner-tanpa-operasi/
    http://rizkyherbal.com/obat-tbc-herbal-di-apotik/
    http://rizkyherbal.com/obat-kanker-usus-besar-stadium-4-alami/

    BalasHapus
  15. thanks for informations
    https://tokoherbalnesv.blogspot.com/

    BalasHapus
  16. Thanks for the information, in tunggua keep the latest news

    obat telinga bengkak
    bahaya adenomyosis
    obat dispepsia

    BalasHapus
  17. Wow! this is amazing, what you say is easy to understand and in my opinion this is useful. Thank you :-)
    Obat Sipilis Tradisional
    Obat Selulitis Herbal
    Salep Oles Penyakit Panu
    Obat Gamat Emas Kapsul Asli

    BalasHapus
  18. Thanks for the information presented on your website
    Very in waiting for other information

    obat ginjal kronis
    obat tradisional bronkitis

    BalasHapus
  19. Hopefully the information you provide can be useful
    wait again the latest information ... everything works

    obat radang paru paru tradisional

    BalasHapus
  20. Really your page is very satisfying I also admire it.

    Cara Mengobati Infeksi Usus Secara Alami

    BalasHapus
  21. Your article is very satisfying and very good, I'm proud of you.

    Gejala dan Komplikasi Infeksi Lambung

    BalasHapus
  22. semoga bermanfaat, kami hanya memberikan saran pengobatan yang bisa Anda coba demi mencapai kesembuhan.

    BalasHapus
  23. I really like your article, hopefully you can share other interesting information.
    Penyebab Kaki Bengkak

    BalasHapus
  24. Fishing has its own satisfaction, because not only getting fish but fishing can also relieve stress and saturation of activities and work that accumulates.

    Essen Ikan Lele Kilo Gebrus

    BalasHapus
  25. Sharing information is beautiful. Thank you for an interesting article discussion

    Umpan Ikan Nila Babon Paling Jitu

    BalasHapus
  26. The information you submit is very useful, thank you.

    Umpan Ikan Nila Merah Di Kolam Pemancingan

    BalasHapus
  27. The article you created is very useful and very helpful.

    Umpan Ikan Nila Garung

    BalasHapus
  28. Bait is the key to the successful entanglement of fish in our hook.

    Umpan Ikan Mas Babon Paling Ampuh

    BalasHapus
  29. Thank you because your article is very helpful in doing the task.

    Essen Ikan Patin Malam Hari

    BalasHapus
  30. Thank you for the information you convey is very useful.

    Umpan Ikan Patin Kolam Air Keruh

    BalasHapus
  31. Wowww ... he article that you created is very inspiring.

    Tips Jitu Memilih Spot Mancing Ikan Patin

    BalasHapus
  32. Catfish fishing will be more fun by using a mixture of mixed essens.

    Umpan Ikan Patin Kolam air Hijau

    BalasHapus
  33. Thank you for this very beneficial collaboration.

    Essen Ikan Tawes Getah Katilayu

    BalasHapus
  34. Nilem fishing is very fun. Visit our website :)

    Essen Ikan Nilem Kilo Gebrus

    BalasHapus
  35. Thank you for the cooperation. Also visit our website.

    Essen Ikan Bawal Galatama Indukan

    BalasHapus
  36. Your article is very useful. Also visit our website (:

    Umpan Ikan Mas Dengan Media Kroto

    BalasHapus
  37. Bait is the key to successfully entangling fish in your hook.

    Umpan Alami Ikan Patin Liar Di Sungai

    BalasHapus
  38. Thank you for the information you convey is very helpful ^ _ ^

    Umpan Jitu Ikan Patin Susah Makan

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih :-)

Postingan populer dari blog ini

Tembang Macapat "dandanggula dan Pucung"

Latihan Soal Logam Unsur Alkali

TES BAHAN MAKANAN